Pentinya Pendidikan Bagi Perempuan Sebagai Bekal Diri Untuk Masa Depan

pendidikan sebagai kunci penguatan peran perempuan

Berbicara tentang pentingnya peranan Pendidikan khususnya bagi perempuan, mungkin bukan sesuatu hal yang aneh atau tabu di masa sekarang. Bahkan, di era millennial ini yang dimana teknologi sedang berkembang pesat dan banyaknya ilmu pengetahuan yang bisa didapat dengan begitu mudahnya dimana saja membuat semakin banyak orang menyadari akan betapa pentingnya makna sebuah Pendidikan.

Pada dasarnya, sejak puluhan tahun yang lalu sebuah konsep emansipasi wanita telah dikumandangkan oleh Kartini, dan kemudian hingga saat ini dianggap menjadi sesuatu hal yang menginspirasi bagi semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Bahwasanya siapa pun orangnya berhak mendapatkan Pendidikan yang layak, terlebih daripada itu seorang perempuan sekalipun.

Latar Belakang Sosok Perempuan

Pasalnya saat ini sebuah Pendidikan bukan hanya melalui formal saja, tetapi Pendidikan non formal juga sedang berkembang pesat dalam beberapa waktu belakangan ini, seiringnya dengan berkembangnya gadget teknologi yang harganya sudah sangat terjangkau dan ruang bebas berekspresi yang dapat digunakan oleh siapapun. Seiring dengan perkembangan zaman di era millennial ini, seharusnya sebuah hak untuk mendapatkan Pendidikan yang layak tidak bisa lagi dipandang dari gender, apakah dia kaum perempuan ataupun laki-laki.

Saat ini memiliki Pendidikan yang tinggi bagi seorang perempuan mungkin tidak bisa lagi dianggap remeh bagi sebagian orang, apalagi jika itu dihubungkan dengan takdir dan kodratnya seorang perempuan yang mengharuskan atau kelak nanti akan menjadi ibu rumah tangga. Jadi dalam hal ini, tidak ada salahnya jika kelak nanti seorang perempuan akan menjadi ibu rumah tangga tetapi memiliki Pendidikan yang tinggi.

Namun dalam hal ini perlu disadari dan perhatikan juga, memiliki Pendidikan yang tinggi ini tidak selalu dimaksudkan dan didefinisikan dengan kategori yang formal diperoleh dari tingkat sekolah ataupun universitas hingga memiliki gelar. Tetapi pada dasarnya dalam kepentingan ini, bagaimana seorang perempuan memiliki wawasan pengetahuan yang luas, baik itu secara formal maupun non formal menjadi sebuah catatan yang sangat penting bagi kaum perempuan.

Pokok Permasalahan yang Kadang Terjadi

Terkadang dalam beberapa suatu permasalahan yang terjadi, hingga saat ini masih ada sebagian orang yang memandang perempuan sebelah mata. Berdasarkan dari beberapa kasus yang terjadi, memandang sebelah mata terhadap perempuan memang merupakan suatu hal yang sangat normal dan umum sering terjadi di lingkungan sekitar kita, karena selalu dikaitkan dengan takdir dan kodrat seorang perempuan yang berakhir menjadi ibu rumah tangga.

Terlebih lagi, sering sekali tidak diterapkan secara fundamental sejak usia dini dan hanya sebagai formalitas semata. Namun terkadang dalam hal ini, lebih parahnya lagi jika pandangan terhadap Pendidikan bagi perempuan itu tak diberikan sama sekali oleh orangtuanya supaya si anak (perempuan) itu tunduk pada sebuah sistem. Jelas dari aspek – aspek permasalahan tersebut adalah sesuatu yang salah besar.

Peninjauan Sosok Perempuan yang Relevan

Melihat dan meninjau dari banyaknya bukti yang relevan, seperti: Sri Mulyani, Najwa Shihab, Susi Pudjiastuti, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini. Mereka semua ini hingga sekarang masih berkiprah di dunia karir dan tetap menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Keterlibatannya dalam menjalankan banyak peran ini menjadi sebuah bukti yang akurat dan relevan, yang dimana bahwasanya Pendidikan merupakan kunci penguatan peran perempuan dan memiliki karakter yang setara dengan laki-laki.

Oleh sebab itu, dimana pun kita berada dalam melakukan aktivitas dan berperan apapun, kesetaraan gender baik laki-laki maupun perempuan tidak perlu menjadi sebuah momok permasalahan yang harus diperdebatkan lagi. Pada dasarnya, sejak dahulu Kartini sudah meneriakkan api semangat bagi seluruh kaum perempuan, yang dimana perempuan tidak bisa dianggap remeh bagi sebagian orang dan memiliki kesetaraan yang adil dengan kaum laki-laki. Karena itulah peranan akan pentingnya Pendidikan bagi kaum perempuan sebagai kunci menuju kehidupan yang lebih baik. 



Belum ada Komentar untuk "Pentinya Pendidikan Bagi Perempuan Sebagai Bekal Diri Untuk Masa Depan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel