Hadirnya Teknologi Informasi Ditengah Masyarakat Digital

pemanfaatan teknologi informasi

Hingga kini perkembangan teknologi berangsur sangat cepat dan pesat. Penggunaan teknologi di tengah kehidupan masyarakat selalu meningkat secara signifikan di setiap waktunya. Hal ini membuat banyak orang menjadikan teknologi sebagai sesuatu yang sangat penting dan wajib untuk dimiliki.

Mengapa bisa begitu?

Karena pada dasarnya teknologi sudah terintegrasi di seluruh aktivitas maupun produktivitas untuk menunjang berbagai macam kebutuhan masyarakat. Seperti halnya peran penting dalam penggunaan teknologi informasi yang dapat menjawab berbagai macam solusi kebutuhan masyarakat digital hingga sekarang.

Bagi masyarakat digital, saat ini penggunaan teknologi informasi yang dapat terintegrasi ke berbagai macam kebutuhan rumah tangga maupun secara pribadi merupakan hal yang penting dan wajib dipenuhi.

Hal tersebut dibutuhkan agar dapat mencakup daya dukung dan fleksibilitas dalam melakukan aktivitas dan produktivitas sehari-hari dimanapun berada. Seperti halnya yang dilakukan kebanyakan masyarakat digital sekarang dengan memaksimalkan potensi diri melalui teknologi informasi, sebagai berikut:


1. Social media

Bagi masyarakat digital saat ini, penggunaan social media selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Para penggunanya pun bervariasi dari berbagai kalangan atau generasi. Pada dasarnya, social media memang penggunaannya gratis oleh siapapun dan tanpa adanya syarat yang memberatkan user (pengguna).

Selain itu, social media juga biasa digunakan sebagai ajang eksistensi diri, meningkatkan bisnis, media informasi, menyampaikan pendapat, dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut juga tidak keseluruhannya benar yaa.

Mungkin jika kamu (pembaca) sebagai salah satu pengguna social media, pendapat apa yang saya (penulis) tulis bisa saja berbeda. Tentunya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda.


2. Marketplace

Penggunaan platform marketplace hingga kini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat digital. Biasanya yang dulu kala harus belanja ke toko atau pasar swalayan di suatu tempat, sekarang sudah dapat dilakukan dimana saja kita (pengguna) berada.

Mencari apapun yang dicari pasti akan selalu ada. Karena cakupan marketplace yang sangat luas untuk kebutuhan setiap orang pasti bisa terpenuhi dengan adanya platform tersebut. Tidak butuh waktu lama, barang yang dicari akan ketemu dengan instant dan cepat.

Setelah itu pengguna hanya perlu mencari perbandingan harga dan kualitas atau rating dari toko tersebut.


3. Transaksi Digital

Masyarakat digital saat ini sangat senang sekali mengandalkan transaksi digital. Hingga kini volume transaksi digital atau uang elektronik selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Kehadiran sistem transaksi digital yang secara online membuat segalanya mudah untuk dilakukan.

Penggunaannya pun sangat sederhana, mudah dipahami, dan instant, serta tersedia rekam jejak transaksi yang jelas. Pembayaran tagihan apapun juga sekarang rata-rata sudah terintegrasi secara online.

Penggunaan uang cash pun sekarang sudah diminimalisir sejak adanya merchant dompet digital (e-wallet) yang dapat menyimpan uang kita (pengguna) dengan aman.


4. Media Informasi

Saat ini masyarakat digital mencari informasi apapun yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Mengingat perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat, informasi apapun dapat dicari dengan cepat.

Melalui teknologi, informasi yang diberikan bisa lebih efektif dan cepat diterima masyarakat. Hingga kini, penyampaian informasi kepada masyarakat sudah diberikan secara online dan selalu diperbarui setiap waktunya.


5. Order Online

Kini melakukan apapun yang dibutuhkan hanya perlu menggunakan gadget smartphone sudah hampir sepenuhnya dapat menunjang kebutuhan masyarakat digital. Pesan ini-itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Pesan transportasi, makanan, pengiriman barang, dan lain sebagainya dapat dilakukan secara online.


Kurang lebihnya seperti itulah yang dilakukan banyak orang dalam memanfaatkan teknologi di era revolusi industri 4.0. Pola hidup lama yang serba sulit untuk dilakukan dan membutuhkan proses yang memakan waktu, saat ini sudah terintegrasi oleh teknologi dengan proses yang instant dan cepat.


PENTING: Tetaplah menjadi pengguna teknologi informasi yang bijak


1 Komentar untuk "Hadirnya Teknologi Informasi Ditengah Masyarakat Digital"

  1. menang berapapun di bayar
    ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
    WA : +85587781483

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel