Pemilihan Gradient Color Untuk Design Grafis

gradient color untuk design grafis

Gradasi warna (Color Gradient) adalah pengembangan dari 2 atau beberapa warna yang setiap warna tetap menampilkan warnanya sendiri dan selebihnya saling bercampur secara gradien. Dapat dikatakan juga bahwa gradasi warna adalah pengembangan dari 2 warna atau lebih namun tanpa mengubah atau merusak setiap warna asli. 

Biasanya juga disebut sebagai color ramp atau color progression dalam aplikasi grafis. Perpaduan atau kemiringan antar berbagai warna dasar membentuk sebuah bidang yang terdiri dari beberapa solid warna baru selain warna dasarnya, dan dapat digunakan setiap detail solid warna hasil pengembangan dari warna dasar.

Ada berbagai tipe gradasi yaitu gradien linier, radial,angle Reflected,diamond, dan bentuk bangun datar lainya. Gradasi warna linier berbentuk transisi garis yang lurus, seperti gradasi warna dari atas kebawah antar 2 warna. Gradasi warna radial membentuk gradasi warna atau transisinya dengan titik awal ditengah bidang dan menyebar keluar dengan pola lingkaran. 

Gradasi angle bisa dikatakan gradasi warna yang terjadi seperti gerak jarum jam. Warna akan dimulai pada salah satu sudut, berputar dengan membentuk gradasi, dan di akhiri warna terakhir di sisi warna awal. Seperti namanya, gradasi reflected, warna gradasi akan di mulai dan di akhiri seperti saat melihat pantulan cermin, dan Gradasi diamond hampir sama dengan gradsi radial, yang dimulai dari point tengah bangun dam menyebar keseluruh bangun, namun dengan bentuk diamond.


pemilihan warna gradasi untuk design grafis
sumber: figma


Terdapat banyak inspirasi untuk menggunakan gradien warna,seperti halnya memadukan 3 warna yang saling berlawanan dan saling melengkapi.  Akhir akhir ini banyak ditemukan gradien warna yang terispirasi dari gradien warna di alam, seperti langit senja, laut, galaxy. Bebrapa contoh gradien dapat dilihat di uigradients, seperti berikut :


pemilih warna gradient color untuk design grafis
sumber: uigradients


Belum ada Komentar untuk "Pemilihan Gradient Color Untuk Design Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel