Apa itu Altcoin?

perbedaan altcoin dan bitcoin

Sebenarnya Altcoin merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu Alternative dan Coin. Secara tidak langsung Altcoin termasuk Cryptocurrency selain dari Bitcoin, seperti: Ethereum (ETH), Litecoin (LTC), Stellar Lumens (XLM). Pada dasarnya selain bitcoin adalah altcoin. Altcoin dibuat berdasarkan kode dari Bitcoin dan menggunakan proof of work algoritma Bitcoin. 

Namun, memiliki kekuatan hash yang lebih sedikit untuk mengamankan Cryptocurrency dibandingkan Bitcoin, tetapi sejauh ini dari waktu ke waktu Bitcoin masih menjadi Cryptocurrency yang popular dan tersebar luar di publik.


perbedaan bitcoin dan altcoin
sumber: bitcointalk


Tercatat hampir ribuan altcoin yang berbeda-beda dan memiliki peringkat di masing-masing altcoin, menurut data yang ada di coinmarketcap. Namun, ada beberapa Altcoin yang populer di publik, seperti: Ethereum (ETC) peringkat 2, Ripple (XRP) peringkat 3, Bitcoin Cash (BCH) peringkat 4, Tether (USDT) peringkat 5. Data update peringkat altcoin tersebut tercatat di situs coinmarketcap dari sejak posting ini dibuat (sejak artikel publish). Seluruh altcoin ini memiliki sirkulasi suplai dan perubahan harga yang signifikan juga loh, dan tidak kalah populer dari Bitcoin. 

Namun, Altcoin ini masih memiliki ketergantungan dengan fluktuatif nilai harga dari Bitcoin. Ketika nilai harga Bitcoin ini sedang naik/up trend, nilai harga Altcoin ini belum tentu naik dan belum tentu juga turun, tetapi bisa juga terjadi stuck. Begitu juga sebaliknya, ketika nilai harga Bitcoin sedang turun/down trend. So, apakah kamu mulai sedikit paham dengan Altcoin?


Belum ada Komentar untuk "Apa itu Altcoin?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel