Venus Akan Berpapasan Dengan Bulan

venus akan berpapasan dengan bulan

Tepat di hari ini pada tanggal 27 Februari 2020 adalah merupakan hari yang sangat istimewa bagi beberapa orang dari mereka yang sangat menyukai dunia astronomi. Venus dan bulan hari ini akan terlihat bersama atau berpapasan secara langsung, yang dimana sebuah fenomena yang sangat langka dan jarang terjadi. Fenomena ini juga bisa terlihat dari Indonesia di beberapa wilayah.

Dilansir dari situs website ibtimes bahwasanya fenomena selestial ini diperkirakan akan terjadi pada hari Kamis, 27 Februari 2020. Para ahli astronomi mencatat bahwa fenomena langka ini akan dimulai sekitar kurang lebihnya 45 menit setelah matahari terbenam atau menjelang maghrib.

penampakan venus bertemu dengan bulan
Penampakan Bulan dan Venus berpapasan.
sumber: fase95

Dalam penglihatan secara langsung dengan mata telanjang, Planet Venus merupakan salah satu objek yang paling terang di langit, akan bergerak lebih dekat dengan Bulan, karena hal ini memang merupakan orbit alami mereka. Meskipun dua objek kosmik ini memiliki orbit yang berbeda, keduanya mengikuti jalur orbit yang sama di langit, yang dimana biasa dikenal sebagai ekliptika.

Selama fenomena ini berlangsung, Planet Venus adalah yang paling terlihat cerah dan akan muncul persis di sebelah Bulan. Dilansir dari situs website cnet menurut ilmuwan planet Bill Dunfor dari NASA, bahwasanya Bulan akan muncul dalam bentuk bulan sabit dan persis di sebelahnya akan ada Venus yang biasanya kebanyakan orang menganggap melihat menyerupai seperti bintang, padahal nyatanya itu adalah Venus yang sedang berpapasan dengan Bulan.

sistem tata surya venus
sumber: pxhere

Pada dasarnya struktur tata surya Venus memang planet sebelum Bumi dalam urutan yang terdekat dengan Matahari. Dunford mencatat bahwa mungkin tidak akan terlalu sulit untuk menemukan Venus, begitu peristiwa berlangsung Bulan akan terlihat jelas dan menyerupai bentuk Bulan Sabit. Ketika saat Matahari sudah menunjukkan terbenam, kedua objek ini akan menjadi terlihat menonjol.



Belum ada Komentar untuk "Venus Akan Berpapasan Dengan Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel