Peranan Penting Teknologi Ditengah Pandemi

peranan penting teknologi informasi

Berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang mengalami pandemi di seluruh dunia, secara langsung hal ini akan berdampak pada melambatnya roda perekonomian masyarakat hingga negara. Selain itu, pemerintah pun juga menerapkan pemberlakuan tentang adanya PSBB (pembatasan sosial berskala besar) dan tetap di rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sesuai dengan anjuran dari WHO (World Health Organization). Dalam hal ini, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa memaksimalkan penggunaan teknologi informasi.

Mengingat perkembangan teknologi yang pesat juga hampir sepenuhnya bisa menangani banyak aktivitas dan pekerjaan banyak orang. Tentunya hal ini membuat teknologi informasi akan mengalami trend peningkatan volume pengguna yang signifikan. Peranan teknologi informasi di tengah pandemi disebut-sebut sebagai solusi terbaik untuk dilakukan dalam menjawab himbauan dari pemerintah maupun WHO.

Peranan teknologi informasi sangat berperan penting dalam upaya menangani pandemi ini. Tentunya, penerapannya juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi waktu dan biaya, serta tenaga yang dikeluarkan. Dalam hal ini, peran maksimal teknologi sebagai langkah terpenting untuk menciptakan keseimbangan dan pencegahan melambatnya terhadap beberapa sektor yang terganggu. Berikut ini adalah beberapa sektor penting guna memaksimalkan teknologi informasi:


Pemerintahan

Situasi dan kondisi yang sedang pandemi ini pastinya membuat pemerintah kewalahan dalam hal urusan negara maupun masyarakat. Upaya pemerintah dengan penerapan PSBB di seluruh wilayah tentunya guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Penerapan ini juga tentunya dengan mengandalkan teknologi informasi guna menyebarluaskan informasi resmi kepada masyarakat melalui video conference di televisi hingga media online. Dalam hal ini, membangun sarana berkomunikasi yang baik terhadap publik menjadi tolak ukur keberhasilan bagi pemerintah agar masyarakat bisa memahami dengan situasi dan kondisi pandemi di seluruh dunia.


Sosial Masyarakat

Penerapan PSBB pastinya akan berdampak terhadap seluruh kegiatan masyarakat. Tentunya banyak masyarakat akan mengandalkan teknologi informasi untuk mengakses ruang digital untuk mencakup kebutuhan sehari-hari. Selain itu, rata-rata kebanyakan masyarakat sudah memiliki smartphone genggam dan juga memahami tentang tata cara pengoperasiannya. Mengingat kini teknologi informasi dipenuhi banyak ruang digital yang menyediakan berbagai kebutuhan sebagai media pembayaran, jual-beli, kirim barang, dan lain-lain. Dalam hal ini, upaya memaksimalkan teknologi informasi di tengah pandemi sangat berperan penting bagi masyarakat. Oleh sebab itu, seluruh elemen masyarakat maupun pemerintah harus bisa saling bekerja sama memaksimalkan teknologi informasi dan mencegah penyebaran informasi palsu di ruang digital.


Pendidikan

Peranan teknologi informasi bagi dunia pendidikan di tengah pandemi ini sangat penting sekali. Pasalnya, seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun universitas diliburkan sementara. Kini peranan teknologi menjadi media pelaksanaan kelas online bagi peserta didik maupun tenaga pendidik. Pemberlakuan kelas online ini sebagai upaya untuk menyeimbangkan dunia pendidikan yang terganggu agar peserta didik tetap mendapatkan ilmu yang sepadan. Sehingga satu sama lain masih tetap bisa saling berkomunikasi seperti layaknya di sekolah pada umumnya. Dalam hal ini, orangtua juga ikut berperan penting dalam pengawasan saat kelas online sedang berlangsung.


Kesehatan

Kini teknologi informasi berperan penting sebagai media komunikasi antar tim medis. Mengingat saat ini tim medis menjadi garda terdepan dalam menangani rantai penyebaran virus Covid-19. Pastinya setiap petugas medis akan selalu melakukan update berkala mengenai tracking data pasien yang meliputi jumlah kasus, dalam penanganan, kesembuhan, dan kematian di sejumlah wilayah yang terjangkit. Upaya penjumlahan data tersebut dilakukan dalam pengawasan pemerintah agar bisa disebarkan ke masyarakat melalui konferensi secara resmi. Oleh sebab itu, penggunaan teknologi informasi sangat berperan penting sebagai media berkomunikasi yang konkrit dan absolut dalam memutus mata rantai penyebaran virus.


Bisnis dan Perkantoran

Penerapan PSBB pastinya akan berdampak terhadap seluruh aktivitas perkantoran. Selain itu, perusahaan juga dituntut oleh pemerintah agar bisa menerapkan Work From Home terhadap seluruh karyawannya. Dalam hal ini, perusahaan juga harus memaksimalkan penggunaan teknologi untuk menunjang efektivitas bekerja keseluruhannya melalui online. Upaya memaksimal teknologi informasi di tengah pandemi merupakan solusi terbaik untuk dilakukan agar karyawan tetap produktif seperti biasanya di kantor. Kehadiran banyaknya platform teknologi yang sudah pesat pun juga sepenuhnya sudah bisa menangani banyak efektivitas dalam bekerja. Jadi, perusahaan pun juga tidak mempermasalahkan dengan adanya penerapan bekerja dari rumah, walaupun hanya ada beberapa yang mempermasalahkan hal tersebut.



Berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang mengalami pandemi di seluruh dunia, memaksa banyak orang melakukan segala hal aktivitasnya secara maksimal di dunia digital. Mengingat perkembangan teknologi yang sudah pesat, pihak penyedia platform juga harus memaksimalkan teknologinya agar tetap bisa diakses para penggunanya (masyarakat) dengan lancar. Upaya memaksimalkan teknologi informasi sangat berperan penting guna menyeimbangkan dan mencegah melambatnya seluruh sektor yang ada.

Kini teknologi informasi dipenuhi banyak ruang digital yang menyediakan sebagai media pembayaran, jual-beli, dan sebagainya. Masyarakat pun juga harus bijaksana penggunaannya dalam mengakses ruang digital, apalagi jika itu mengenai informasi tentang penyebaran virus Covid-19 yang sedang sensitif di seluruh dunia. Oleh sebab itu, memaksimalkan penggunaan teknologi informasi di tengah pandemi menjadi solusi terbaik yang dilakukan saat ini.


1 Komentar untuk "Peranan Penting Teknologi Ditengah Pandemi"

  1. agen365 agen jud! online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    WA : +85587781483

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel