Bermula Website Merambah Menjadi Marketplace

antara website vs marketplace pilihan atau sinergi

Sejak kehadiran era revolusi industri teknologi 4.0 membuat banyak perubahan dunia industri yang biasanya mengandalkan tenaga manusia, kini mulai mengandalkan mesin dan teknologi canggih. Hingga kini perkembangan teknologi memang berangsur sangat cepat setiap waktunya. Tentunya hanya dalam beberapa waktu ke depan akan selalu hadir dengan kemampuan teknologi yang lebih canggih dari sebelumnya dan memudahkan segala sesuatunya bagi manusia (penggunanya).

Tidak dapat dipungkiri, berbagai macam hal rutinitas yang biasanya dilakukan secara langsung, kini perlahan mulai beralih ke dunia digital. Sehingga banyak interaksi antara manusia dan teknologi menjadi suatu kebutuhan utama dalam berutinitas. Seperti halnya sekarang, banyak orang memanfaatkan teknologi informasi untuk mencari apapun yang dibutuhkannya. Teknologi digital mampu melengkapi kebutuhan banyak orang untuk bisa melakukan segala halnya di dunia digital, seperti: jual-beli, pembayaran, dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan para pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk bisa memperkenalkan produknya ke masyarakat secara online melalui platform website maupun marketplace. Tentunya dalam hal ini, para pelaku industri juga harus bisa mengukur efektivitas pemanfaatan teknologi agar bisa terjangkau oleh masyarakat. Saat ini pun masyarakat juga sudah tidak asing lagi di telinga dengan istilah website maupun marketplace. Namun, apakah itu merupakah sebuah pilihan atau sinergi?


Sebagai pilihan, antara website vs marketplace

Keputusan memilih antara website maupun marketplace sebagai pilihan pastinya harus dipertimbangkan secara terukur dengan kebutuhan industri tersebut. Mengapa bisa begitu? Karena pada dasarnya antara website dan marketplace merupakan sesuatu yang berbeda dari segi platform. Begitu juga dengan dampaknya antar masing-masing platform, pasti akan berbeda dari segi efektivitas penerapannya di mata para pengguna.

Penerapan website sebagai pilihan langkah awal bagi industri merupakan hal terbaik untuk dilakukan. Penggunaan website dapat menjelaskan keseluruhan deskripsi secara lengkap dan jelas akan hal yang berhubungan dengan maksud, tujuan, dan penawarannya. Membangun website juga sebagai nilai tambah untuk sebuah brand agar bisa dikenal di mata para pengguna. Tentunya jika ada pengguna yang belum mengetahui brand tersebut, maka pastinya pengguna akan mencari brand tersebut dengan teknologi mesin pencarian. Tetapi dalam penerapannya juga membutuhkan domain yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk nama website dan memilih Hosting Indonesia agar bisa memudahkan proses maintenance ke depannya. Itu jika pilihan website.

Namun, jika penerapan marketplace sebagai pilihan lain, mungkin akan sangat cocok bagi industri yang berfokus pada penjualan produk yang sudah dikenal banyak oleh masyarakat luas ataupun lainnya. Tentunya para pengguna lebih senang mengunjungi marketplace dan mencari apapun yang dibutuhkannya. Karena memang pada dasarnya marketplace jangkauan cakupannya lebih luas dan selebihnya bisa menyesuaikan harga yang bervariasi pada setiap penjual. Selain itu juga, pembeli maupun penjual mendapat perlindungan dari pihak marketplace sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Itu jika pilihan marketplace.


Sebagai sinergi, antara website vs marketplace

Penerapan antara website maupun marketplace sebagai sinergi merupakan hal bijaksana untuk diterapkan bagi industri sesuai dengan perkembangan teknologi yang pesat. Tentunya ini juga perlu dijadikan bahan pertimbangan yang terukur sesuai dengan kebutuhan masing-masing industri. Setiap industri pastinya juga memerlukan sebuah website untuk membangun brand value agar mengetahui segala sesuatunya dan lebih dikenal oleh meluas. Namun, disisi lain industri juga membutuhkan marketplace agar dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat.

Pada dasarnya, masyarakat lebih menyukai mengunjungi marketplace terlebih dahulu untuk mencari kebutuhan yang diinginkannya. Jika, sudah mendapatkannya pastinya masyarakat akan mengetahui brand tersebut dan mencari tahu informasi kualitas dari brand tersebut. Kemudian, disinilah kegunaan website akan teruji untuk mengetahui lebih jelas tentang informasi lebih mendalam dari produk yang ditemukannya di marketplace.

Oleh sebab itu, penerapan antara website maupun marketplace merupakan suatu hal yang saling berkesinambungan dan memberikan sinergi satu sama lain agar bisa menciptakan keseimbangan yang harmonis industri. Upaya hal berkesinambungan ini juga bisa mendapatkan hasil yang optimal dan feedback yang cepat dari masyarakat. Bukan hanya itu saja, cepat atau lambat masyarakat juga akan terbangun rasa kepercayaannya terhadap industri tersebut dengan produk yang sesuai kebutuhannya. Melalui produk, secara tidak langsung industri juga sudah menjalin komunikasi yang efektif dengan menjawab berbagai permasalahan yang sedang dihadapi konsumen.



Berdasarkan efektivitas penggunaan antara website vs marketplace, itu tergantung bagaimana penerapan dari masing-masing pelaku industri tersebut. Pasalnya, industri juga harus memahami akan kelebihan dan kekurangan dari kedua platform tersebut dengan pertimbangan yang terukur sebagai pilihan atau sinergi. Pada dasarnya, selama itu bisa saling mendukung dan menyeimbangkan bagi industri maupun konsumen, itu sudah termasuk langkah yang tepat.

Pelaku industri juga tidak perlu ambil pusing, jika sudah mengambil langkah awal bermula dari website yang berbasis toko online dan kemudian merambah ke marketplace juga tetap bisa menjual produknya. Selain itu, marketplace juga tidak pernah melarang kepada pihak yang sudah memiliki website untuk bergabung menjadi penjual. Tentu dengan menggunakan marketplace supaya bisa menjangkau cakupan yang lebih luas lagi.



2 Komentar untuk "Bermula Website Merambah Menjadi Marketplace"

  1. Wah mantul ada pembahasannya juga yg sama seperti https://karya1.net/website-vs-marketplace-pilihan-atau-sinergi/ mengenai website vs marketplace..

    BalasHapus
  2. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel