Persaingan Antara Cryptocurrency Dengan Fintech

persaingan antara cryptocurrency dengan fintech

Istilah Cryptocurrency saat ini sudah lumayan banyak dikenal oleh masyarakat luas. Walaupun, hingga sekarang (sejak artikel publish) masih banyak negara yang belum berminat sama sekali mengakui akan keberadaan Cryptocurrency ini. Berawal dari perkembangan teknologi yang sangat pesat di dunia, karena adanya banyak kebutuhan beragam sektor – sektor tertentu dari masyarakat juga yang membutuhkan gadget teknologi untuk memudahkan segala hal aktivitas dan rutinitas dalam menunjang kebutuhan sehari – hari. 


Namun, saat ini banyak masyarakat yang secara tidak langsung sangat membutuhkan dalam sektor keuangan untuk melakukan berbagai transaksi agar bisa menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien dalam penggunaannya dan mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Baru – baru ini dalam beberapa tahun belakangan ini (sejak artikel publish) financial technology atau biasanya dikenal dengan fintech hadir di kalangan masyarakat sebagai sebuah solusi dan inovasi untuk menyelesaikan beragam permasalahan di sektor keuangan, yang dimana di era millennial ini hampir segala sesuatunya dilakukan di dunia digital.

Melihat dari banyaknya perkembangan gadget teknologi dan ruang digital yang saat ini sedang bermunculan, akhir – akhir ini banyak perbincangan tentang bagaimana jika Crytocurrency ini disandingkan untuk bisa bersaing dengan financial technology (fintech) yang sedang berkembang, yang dimana ini adalah sebuah terobosan yang sangat berbeda tetapi hampir sedikit memiliki kesamaan satu sama lain. Jika, kita bijak dalam memahami keduanya memang tidak ada salahnya apabila kedua terobosan dalam sektor keuangan tersebut untuk bisa dipersaingkan di masyarakat luas, walaupun dalam halnya Cryptocurrency masih banyak tanggapan pro dan kontra bagi beberapa pihak. 

Dalam hal ini, keduanya juga tidak sama kalah eksistensinya di kalangan masyarakat luas untuk bisa dimanfaatkan di sektor keuangan dalam menunjang aktivitas dan rutinitas bertransaksi setiap harinya. Namun, sebelum kamu berminat dengan salah satunya, perlu diketahui ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan dalam penggunaannya khususnya Cryptocurrency ini, karena pada dasarnya jika kamu belum memahami tentang pemahaman Cryptocurrency akan mendatangkan kerugian.


Persaingan di Tengah Masyarakat

Dalam hal ini jika persaingannya di tengah masyarakat luas sudah pasti yang mendominasi dalam penggunaannya adalah fintech. Karena pada dasarnya fintech ini keberadaannya lebih jelas ketimbang dari pada Cryptocurrency ini yang statusnya dari awal kepopulerannya hingga sekarang masih terdesentralisasi atau tidak dinaungi oleh siapapun. 

Dalam halnya, semua ini sangat jelas akan kebenarannya bahwasanya rata – rata masyarakat ingin merasakan berbagai kemudahan dan efisiensi secara instant dalam penggunaannya yang fleksibel dan mampu menjawab semua solusi dari permasalahan yang dialami oleh masyarakat dalam banyaknya kebutuhan – kebutuhan tertentu dalam sektor keuangan. 

Saat ini pun hanya beberapa masyarakat yang menggunakan Cryptocurrency, itu pun penggunannya hanya sebagai instrument investasi jangka panjang maupun menengah. Karena hingga sekarang pun eksistensi Cryptocurrency yang beredar di publik dengan beragam jenis itu masih belum rata – ratanya mengetahui akan keberadannya.


Ketakutan Masyarakat Terhadap Cryptocurrency

Hingga sekarang rata – ratanya masyarakat lebih membutuhkan sesuatu yang benar – benar sangat berguna untuk memudahkan segala hal secara instant dalam urusan bertransaksi keuangan. Dalam hal ini, masyarakat juga tidak ingin mengambil sesuatu yang beresiko, apalagi jika dalam urusan keuangan yang merupakan sesuatu yang sangat sensitif bagi banyak orang. 

Beberapa orang memang ada yang memahami dan ada juga yang tidak memahami mengenai Cryptocurrency, karena masih belum diketahui oleh banyak orang dan hanya beberapa saja yang mengetahuinya. Seperti di Indonesia ini, pengguna Cryptocurrency ini masih hanya beberapa sekian juta saja dari total seluruh penduduknya. 

Data tersebut diambil dari situs web Indodax yang memiliki data secara real time dan up to date setiap harinya, yang jumlah para penggunanya pun juga belum tentu menggunakan atau tidak dalam hal penggunaanya. Ketakutan masyarakat terhadap Cryptocurrency ini memang sesuatu hal yang sangat wajar dan masuk akal, melihat statusnya yang masih belum jelas dan masih belum diakui oleh otoritas setempat untuk dijadikan sesuatu yang resmi dan sah.


Pemanfaatan Fintech atau Financial Technology

Sejak kemunculannya (sejak artikel publish), fintech memang sedang dalam masa kepopulerannya yang dalam beberapa waktu lalu hingga sekarang jumlah penggunanya selalu saja bertambah dari waktu ke waktu. 

Para pengguna yang sekaligus masyarakat dari berbagai kalangan usia sangat memanfaatkan sekali akan kehadirannya yang membawa terobosan – terobosan sebagai solusi dari permasalahan akan fleksibilatas dan efisiensi dalam melakukan transaksi berbagai hal, yang dimana secara tidak langsung merubah gaya hidup yang biasanya menyimpang uang cash di dalam dompet hingga beberapa juta, kini sudah membuang kebiasaan lama dan beralih secara digital untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. 

Fintech ini hadir membawa banyak terobosan yang menarik kepada para penggunanya dengan promosi dan tawaran secara besar – besaran untuk memikat para calon penggunanya agar bisa menggunakannya. Hingga sekarang (sejak artikel publish) pun para pengguna sudah hampir rata – ratanya menggunakan fintech dan melakukan berbagai transaksi lewat smartphone yang dimilikinya, yang dimana saat ini di era millennial segala hal melakukannya di dunia digital.



So, bagaimana menurutmu tentang persaingan Fintech dengan Cryptocurrency ini?



Belum ada Komentar untuk "Persaingan Antara Cryptocurrency Dengan Fintech"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel