5 Manfaat Social Media Zaman Millennial

manfaat social media zaman millennial

Zaman milenial ini pastinya menggunakan social media bagi keuntungan individu menjadi sesuatu yang wajib harus dilakukan. Tentunya dalam hal ini, manfaat social media bagi masyarakat ini tidak bisa diremehkan. 

Belum lagi, para penggunanya rata-rata generasi milenial yang selalu produktif menggunakan smartphone untuk memanfaatkan teknologi dunia digital di era milenial. Intensitas penggunaan gadget smartphone di era milenial ini memang terkadang melebihi batas minimum penggunaan, hingga kadang lupa melihat waktu.

Jika dipikirkan lebih lanjut memang tidak ada salahnya menggunakan smartphone untuk bisa memanfaatkan social media di era millennial yang penggunaannya gratis dan saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama. Namun, dalam hal ini para pengguna juga harus bisa bijaksana dalam memanfaatkan social media dan membatasi durasi penggunaan gadget yang kamu miliki (kecuali untuk komunikasi pribadi).

Semisal seperti: Bagaimana cara memanfaatkan social media yang baik dan benar? Apa manfaat social media? Apakah social media bisa berguna untuk bisnis? Mengapa menggunakan social media? Berapa lama waktu menggunakan social media? Dan tentunya masih banyak lagi yang tidak bisa semuanya disebutkan.

Tetapi, yang lebih pentingnya lagi kita juga harus bisa menggunakan social media dengan bijaksana, ini dalam arti pemahamannya yang positif ya. Mungkin dalam ulasan artikel tentang manfaat social media ini, kamu bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya untuk diri kamu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa ulasan yang bisa kamu lakukan untuk bisa memanfaatkan social media:


1. Berbagi informasi

Memberikan informasi secara real time merupakan salah satu yang sangat dicari para pengguna social media ketimbang daripada harus mengunjungi web berita, karena sudah terbiasa menggunakan social media dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, kebanyakan para media informasi saat ini juga sudah eksis dan ikut terjun juga membagikan informasi yang terupdate di social media. Karena memang pada dasarnya, saat ini traffic market para pengguna juga lebih senang melihat segala halnya di social media. 

Selain itu, berbagi informasi tidak harus selalu yang mengandung berita terupdate ya. Tetapi juga membagikan informasi pengetahuan umum yang jarang diketahui atau sudah masa lampau (mungkin hanya ada di buku ataupun jurnal ilmiah) bisa menjadi salah satu ide yang bagus untuk dilakukan.

2. Pemasaran Produk

Memanfaatkan social media untuk bisnis merupakan salah satu hal yang sangat bijak, bagi sebagian pengguna yang melakukannya. 

Mengapa bisa begitu?

Karena saat ini manfaat social media tidak hanya sebagai tempat eksistensi bagi sebagian orang. 

Namun saat ini banyak para pelaku bisnis kecil hingga besar banyak menggunakan social media untuk bisnis menjadi potensi target market untuk sarana pemasaran atau pengenalan produknya agar para pengguna bisa melihat dan memahaminya secara sekilas.

Entah itu hanya berupa UMKM, perorangan, maupun perusahaan rintisan. Hal ini juga sangat bagus untuk bisa management marketing dari usaha tersebut.

3. Interaksi sosial digital

Berinteraksi sosial sesama pengguna social media merupakan salah satu hal yang disenangi dan sering sekali dilakukan oleh individu tertentu.

Tetapi yang utama para generasi milenial ini. 

Sebagaimana sesuai dengan target utama pengguna dan tujuan social media itu dibuat. Karena pada dasarnya memang digunakan untuk bisa berinteraksi kepada banyak orang tanpa harus bertemu secara langsung.

Namun, dalam hal ini pengguna juga harus tetap berinteraksi dalam hal yang positif kepada para pengguna yang lain yaa.

4. Jangkauan tanpa batas

Kehadiran social media memang memiliki banyak beragam manfaat untuk individu, tetapi jika penggunanya bisa bijaksana dalam menggunakannya ya.

Mengapa bisa?

Karena memang sifat media sosial membuat banyak para penggunanya mudah mencari seseorang dengan jangkauan tanpa batas hanya dengan mencari nama lengkap ataupun username, mungkin hanya beberapa saja yang memiliki kesamaan nama.

Hal ini pun juga berlaku bagi sebagian orang yang mengagumi seseorang yang dikenal di seluruh dunia dan hanya perlu mengikuti (follow), setiap orang bisa melihat beragam aktivitas dan eksistensinya di sosial media. 

Namun, itu juga perlu ditinjau juga, apakah orang itu sering update atau jarang membagikan cerita di akunnya yang dimilikinya.

5. Menyatakan pendapat secara bebas

Jika ada dari para pengguna tidak memiliki tempat untuk menyampaikan pendapat, media sosial pun bisa menjadi alternatif bagi sebagian orang yang ingin beropini secara pribadi untuk membagikan suatu hal yang bermanfaat kepada banyak orang.

Namun, dalam hal ini usahakan untuk beropini yang secara sehat dan positif ya, karena jika pengguna itu beropini dinilai kontroversial mungkin akan jadi bermasalah bagi dirinya sendiri.

Menyatakan pendapat di sosial media memang boleh saja dan sifatnya bebas, tetapi tetap yang positif dan bisa menginspirasi banyak orang yaa.

Selalu ingat, menebarkan kebaikan kepada banyak orang, maka kebaikan juga akan selalu menghampirimu.



Jadi, bagaimana menurut pandangan kalian semua para pembaca? Apakah ulasan tentang manfaat social media sesuai dengan ekspektasi kalian? Perlu diingat dan diperhatikan, tetaplah menjadi bijaksana dalam menggunakan social media, karena social media ini merupakan ruang digital yang mampu dijangkau publik tanpa batasan apapun yang sifatnya bebas dan dapat digunakan oleh siapapun orangnya.

Namun, rasanya seperti tidak lengkap saja, jika hanya ada keuntungan ataupun manfaat dari social media itu sendiri. Tentunya yang pasti, dalam artikel selanjutnya akan membahas tentang 5 Kerugian Social Media Zaman Milenial


Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Social Media Zaman Millennial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel