Memahami Kebutuhan Dan Implementasi Energi Dengan Bijaksana #BijakBerenergi

kebutuhan energi untuk masyarakat

Energi adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak bisa lepas dari kehidupan dan rutinitas sehari-hari setiap orang. Tidak hanya bersifat secara pribadi, tetapi juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tentu setiap negara memiliki pasokan energinya sesuai dengan kebutuhannya, baik utama maupun cadangan. Namun, adanya pasokan energi juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional bagi negara. Termasuk itu Indonesia.


peninjauan konsumsi energi

Penggunaan energi di Indonesia masih di dominasi oleh sumber daya alam dengan cakupan jumlah terbatas yang berasal dari fosil. Contohnya saja minyak bumi, batu bara, dan gas bumi. Sumber daya alam tersebut terkubur di dalam perut bumi dengan tujuan untuk bisa dimanfaatkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari supaya bisa menghasilkan sebuah energi. Hingga saat ini pemanfaatan dan penggunaan energi fosil di Indonesia masih menjadi andalan utama dalam memenuhi seluruh sektor sesuai dengan kebutuhannya bagi masyarakat, industri dan negara. Diantaranya seperti sektor: perumahan, industri, transportasi, dan lainnya.


peningkatan angka konsumsi energi setiap tahunnya

Konsumsi Energi Sektor Industri Tahun 1990-2008

Konsumsi Energi Sektor Rumah Tangga Tahun 1990-2008 

Konsumsi Energi Sektor Transportasi Tahun 1990-2008

Konsumsi Energi Sektor Pertanian Tahun 1990-2008

Data tersebut diambil dan didukung oleh Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) melalui jurnal penelitian (2010).

Berdasarkan dari aspek konsumsi menunjukkan bahwa konsumsi energi di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Walaupun ada beberapa hanya selisih sedikit pada periode tertentu. Menurut data dari jenis energi, konsumsi energi BBM (Bahan Bakar Minyak) merupakan salah satu yang memiliki tingkat konsumsi energi tertinggi yang diikuti juga oleh biomas, gas, listrik, dan batubara.

Dikutip dari jurnal Elinur et al (2010) bahwa energi sangat diperlukan dalam menjalankan aktivitas perekonomian Indonesia, baik untuk kebutuhan konsumsi maupun untuk aktivitas produksi berbagai sektor perekonomian. Sebagai sumber daya alam, energi harus dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat dan pengelolaannya harus mengacu pada asas pembangunan berkelanjutan.

Adanya daya dukung untuk pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) tentang pasokan energi pasti sangat berpengaruh dengan penyusunan kebijakan bagi pemerintah Indonesia. Tentunya dengan melakukan perhitungan yang terukur ke seluruh sektor yang terkait menjadi lebih efektif dalam penggunaan energi. Oleh sebab itu, eksploitasi terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusia haruslah optimal dengan memperhatikan kebutuhan generasi sekarang dan juga generasi masa depan.



Berdasarkan laju pertumbuhan populasi dan arus urbanisasi penduduk Indonesia yang tinggi, kemungkinannya kebutuhan Indonesia akan energi bakal meningkat setiap tahunnya secara terus-menerus. Peningkatan ini sejalan dengan meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi, laju pertumbuhan penduduk, dan pesatnya perkembangan sektor industri. Sesuai dengan tatanan hukum supply & demand, bertambahnya penduduk pasti akan meningkatkan kebutuhan energi, lalu pada akhirnya juga akan meningkatkan jumlah bahan bakar energi yang harus digunakan.

Namun, para pengguna energi di berbagai sektor terkait juga harus bijaksana dalam penggunaan energi dan peduli dengan lingkungan yang terdampak akibat adanya proses produksi energi. Ketergantungan sektor energi terhadap bahan bakar fosil harus bisa sedikit mengurangi, mengingat energi fosil merupakan jenis energi yang tidak dapat diperbarui. Selain itu, hal ini juga perlu adanya dukungan komitmen dari pemerintah untuk mendorong pengembangan energi baru terbarukan.


Sumber:
Elinur, D.S. Priyarsono, M. Tambunan, M. Firdaus. 2010. Perkembangan Konsumsi dan Penyediaan Energi Dalam Perekonomian Indonesia. Indonesia Journal of Agricultural Economics. Link


Belum ada Komentar untuk "Memahami Kebutuhan Dan Implementasi Energi Dengan Bijaksana #BijakBerenergi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel