Harus Siap! Persiapan Milenial Menghadapi Dunia Kerja

millennial menghadapi dunia kerja

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, istilah menghadapi dunia kerja di berbagai perusahaan pasti akan selalu berbeda dan akan selalu berisikan sumber daya manusia dari setiap generasi. Generasi milenial misalnya, yang merupakan julukan atau bahkan menjadi identitas generasi untuk saat ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Tentu yang pasti, setiap generasi memiliki harapan untuk bisa memiliki kesempatan berkarir yang sesuai. Dalam hal ini, mungkin tidak selalu serta merta karir yang mengikuti pola trend modern saat ini di era milenial. Contohnya seperti: Blogger, Youtuber, Selebgram, dan lain-lain.

Namun, dari sederet banyaknya jumlah karir yang mengikuti trend perkembangan zaman, tidak sedikit para milenial yang melakukan itu dan selalu ada seleksi yang sukses menekuni trend karir tersebut. Tetapi, hingga kini masih banyak para milenial yang masih mengingikan bisa terampil bekerja di sebuah perusahaan dengan gedung atau tower bertingkat dan merasakan pengalaman dunia perkantoran.

Pada dasarnya, bekerja di perkantoran memang banyak memiliki kesan dan sudut pandang tersendiri, apalagi jika ditambah penempatan kantor di kawasan elite CBD (Central Business District) pastinya akan memiliki prestige yang jauh lebih baik.

Lantas, dalam hal ini juga para milenial harus memahami juga akan persiapan menghadapi dunia kerja di perusahaan. Berikut ini adalah ulasan mendasar yang harus kamu ketahui:


1. Kualitas diri

Ketika kamu melamar di sebuah perusahaan, pasti hal pertama yang sering menjadi pertanyaan adalah tentang kualitas dirimu. Kualitas diri dalam pengertian memiliki soft skill dan hard skill untuk keterampilan yang harus dipenuhi dalam kualifikasi posisi di perusahaan tersebut. Tentunya, hal ini juga akan mempengaruhi setiap calon pekerja untuk bisa diterima dan menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan.


2. Menjunjung tinggi integritas

Kejujuran merupakan salah satu point utama yang harus dimiliki setiap orang di dunia kerja.

Mengapa bisa begitu?

Pada dasarnya pasti setiap perusahaan membutuhkan pekerja yang mampu menjunjung tinggi integritas saat bekerja di perusahaan.

Apalagi jika kita bisa terampil dalam bekerja, serta menyumbang banyak karya dan inovasi untuk perusahaan. Terlebih daripada itu, kita juga harus bisa dapat bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan dalam bekerja.


3. Disiplin

Menjadi pribadi yang disiplin juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan setiap orang agar bisa produktif dalam bekerja. Tentunya, dimana pun kita berada maupun produktif dalam bekerja pasti akan selalu berkutat dengan waktu. 

Karena pada dasarnya itu untuk menunjang berbagai aktivitas di kantor dan banyaknya dateline yang harus dipenuhi agar bisa selesai tepat pada waktunya.


4. Lingkungan sosial

Menghadapi banyaknya perubahan yang signifikan di dunia kerja merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pekerja. Setiap lingkungan kerja yang pernah kamu rasakan di perusahaan manapun pasti selalu berbeda – beda lingkungan sosialnya. Apalagi bagi fresh graduates (lulusan baru) yang terkadang selalu lambat beradaptasi.

Tentunya, dalam hal ini perlu diperhatikan bagi banyak orang untuk bisa cepat memahami cara beradaptasi yang baik dan benar di lingkungan perkantoran manapun.


5. Aktif berkomunikasi

Menjadi seseorang yang aktif berkomunikasi antar teman kerja juga salah satu hal yang penting dilakukan para pekerja milenial.

Mengapa bisa?

Karena menjadi seseorang yang aktif berkomunikasi menjadi hal dasar untuk bisa menunjang banyaknya aktivitas produk di kantor. Pastinya akan selalu ada saja hal yang harus dikomunikasikan terlebih untuk mengeksekusi banyaknya tugas – tugas kantor.


6. Kerjasama tim

Itulah sebabnya, pada point sebelumnya tentang aktif berkomunikasi menjadi hal yang penting. Karena pada dasarnya memang akan berpengaruh terhadap kerjasama tim dan juga dengan tim lainnya. 

Bekerja bersama tim merupakan hal penting di setiap perusahaan untuk bisa menunjang banyaknya tugas dan dateline yang mungkin saja bisa menumpuk. Dalam hal ini juga perlu diperlukan.


7. Menguasai keterampilan

Memiliki keterampilan dan keahlian pada bidangnya juga sangat mempengaruhi setiap pekerja. Itulah sebabnya, pada point pertama tentang kualitas diri menjadi sebuah gambaran dan karakter bahwa kamu memiliki keterampilan pada bidang tertentu yang dikuasai.

Tentunya, ketika teman kantor sedang membutuhkan keterampilan tertentu untuk mendukung pekerjaannya, pastinya temanmu akan datang kepada kamu untuk meminta bantuan.


8. Profesionalitas

Terlebih melihat dari keterkaitan point sebelumnya, pastinya menjadi seseorang yang professional merupakan hal yang sangat amat penting dari banyaknya point tersebut untuk mendukung dan mencakup segala halnya yang diperlukan. Tentunya, dalam hal ini terkadang merupakan suatu hal yang sulit dilakukan oleh banyak orang.

Karena sangat mempengaruhi privasi sepenuhnya terhadap situasi dan kondisi yang dialami setiap orang, terlebih jika seseorang orang memiliki banyak permasalahan pribadi yang membuat stress dan hilang konsentrasi dalam bekerja.

Namun, perlu diingat dan diperhatikan bahwasanya kamu juga harus tetap bisa mengontrol semua itu seolah – olah tidak terjadi apapun, sehingga kamu masih tetap bisa produktif dan bersikap bijaksana dalam menjalani tugas dan tanggung jawab perusahaan.



Seperti itulah kurang lebihnya yang harus kamu pahami tentang beberapa hal persiapan menghadapi dunia kerja di perkantoran. Dari banyaknya ringkasan point tersebut, memang semua halnya belum tentang benar dan salah.

Namun, ini bisa menjadi sebuah gambaran singkat dan pemahaman tentang perihal dunia perkantoran di zaman milenial bagi para pembaca yang sudah bekerja maupun belum bekerja, serta menjadikan artikel ini menjadi sebuah investasi pengetahuan diri untuk bisa menjadi lebih baik kedepannya.

So, jika kamu belum bekerja tetaplah tekun dan bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan yang layak untuk diri kamu sendiri.




Belum ada Komentar untuk "Harus Siap! Persiapan Milenial Menghadapi Dunia Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel