Perkembangan Berkelanjutan Inovasi Blockchain

perkembangan berkelanjutan inovasi blockchain

Pada dasarnya, blockchain diartikan sebagai serangkaian blok yang berisikan seluruh informasi digital. Setiap blok memiliki komponen hash karakter yang unik yang menyusun informasi pada blok dan memiliki pengelolalaan jaringan peer to peer secara kolektif dengan mengikuti protocol tertentu untuk komunikasi antar node dan akan mengkonfirmasi blok-blok yang terbaru.

Teknologi ini sudah tidak menggunakan pihak ketiga lagi dalam proses pertukaran data atau transaksi. Menurut artikel di Wikipedia bahwa blockchain memang dirancang dari awal agar aman (secure by design) dan merupakan contoh sistem komputasi terdistribusi dengan BFT (Byzantine Fault Tolerance). 

Banyak pihak beranggapan bahwa inovasi teknologi blockchain adalah sebuah gagasan dan inovasi yang sangat inspiratif dan mampu menjawab berbagai solusi tentang keamanan, manajemen data, dan pencatatan. Secara diam – diam dan tersembunyi beredar adanya rumor yang berkembang di kalangan publik dan bocor secara meluas, lalu kemudian beredar di media massal ataupun media online ada beberapa perusahaan yang sudah memakai gagasan teknologi dari Satoshi Nakamoto ini (masih rumor).

PENTING: Mungkin kamu perlu memahami dasar blockchain terlebih dahulu untuk melanjutkan membaca artikel ini.


perkembangan berkelanjutan inovasi blockchain
sumber: comparic

Menurut rumor yang sedang banyak diperbincangkan ini di kalangan publik (sejak artikel publish), untuk saat ini masih belum ada kepastian penjelasan yang pasti dari beberapa perusahaan tersebut tentang penggunaan blockchain ini, mungkin dikarenakan ada beberapa hal privasi perusahaan tersebut yang tidak bisa diberitahukan ke publik untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan terkait kemananan data, apalagi jika perusahaan tersebut sudah memiliki user atau pengguna yang sangat banyak, mungkin bisa jadi untuk mencegah kebocoran data yang bisa terjadi secara tiba - tiba. 

Menurut kemungkinan prediksi kasus yang akan terjadi tersebut, hal ini bisa dikaitkan dari salah satu artikel dengan mengutip penjelasan kalimat yang ada di Wikipedia bahwa blockchain sangat cocok untuk merekam peristiwa, catatan medis, dan aktivitas pengelolaan record lainnya, seperti: manajemen identitas, pemrosesan transaksi, dokumentasi barang bukti, ketelusuran makanan (food traceability), dan pemungutan suara (voting). 

Perihal adanya penjelasan tersebut, jika kemungkinan disangkut pautkan dengan sebuah prediksi kasusnya, dengan penjelasan di salah satu penjelasan kalimat tersebut, dan dengan rumor yang sedang berkembang di publik belahan dunia, sangat besar kemungkinan beberapa perusahaan besar di dunia sudah menggunakan ataupun sedang merencanakan penggunaan blockchain ini (perlu diperhatikan ini hanyalah sebuah prediksi, jadi belum tentu akan kebenarannya). 

Jika benar adanya, berarti ini adalah sesuatu hal yang sangat rahasia bagi perusahaan agar tidak bocor ke publik untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

Blockchain memang sebuah teknologi yang sangat inspiratif dan dibutuhkan saat ini (sejak artikel publish), jika memang dipikirkan dengan konsep yang matang. Dilihat dari fungsi dan implementasinya, blockchain ini memang benar tidak ada salahnya untuk dicoba, yang dimana banyaknya teknologi yang hadir ke publik dengan kapasitas penampungan data setiap orang yang sangat besar jumlahnya (tergantung penggunaannya dari populasi data di sebuah negara / perusahaan / bank). 

Belum lagi dengan tingkat keamanannya dengan kode hash yang unik dan memiliki pengelolaan jaringan peer to peer, sangatlah kecil kemungkinannya akan terjadinya gangguan kejahatan cyber yang sulit diketahui para pelakunya, karena jejaknya yang tidak terlihat terkesan seperti sebuah layaknya trik sulap yang sangat lihai.

perkembangan berkelanjutan inovasi teknologi blockchain
sumber: istockphoto

Menurut penulis (sejak artikel publish) bahwasanya teknologi blockchain ini memang sangat lah cocok untuk menjadi kekuatan utama dalam melakukan pendataan dan pencatatan secara berkala dan real time. Apalagi untuk diimplementasikan sebuah negara, perusahaan, ataupun bank, karena akan sangat berguna sekali dari beberapa pengalaman yang sekarang dipakai untuk transaksi cryptocurrency. 

Ada baiknya pembaca disarankan terlebih dahulu untuk mengenal pemahaman definisi tentang cryptocurrency, karena akan sangat membingungkan jika pembaca belum memiliki pengetahuan tentang cryptocurrency. Namun, hingga saat ini (sejak artikel publish) belum ada kepastian dan penjelasan tentang teknologi blockchain ini akan ada perencanaan atau tidak untuk diimplementasikan sebuah negara, perusahaan, ataupun bank. 

Padahal, jika dipikir – pikir secara matang teknologi ini besar kemungkinannya cocok sekali untuk mengurangi tingkat suap – korupsi dan bisa jadi kejahatan lainnya yang belum terduga akan kejadiannya. Dari banyaknya argument dan opini pihak – pihak narasumber terkait yang beredar di publik, mungkinkah bisa terjadi teknologi blockchain ini berpotensi menjadi sebuah inovasi yang akan berkelanjutan? 

So, bagaimana menurutmu tentang Blockchain ini?

Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Berkelanjutan Inovasi Blockchain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel